Hypertext

5 Oktober 2010

Hypertext adalah teks ditampilkan pada komputer atau perangkat elektronik lainnya dengan referensi ( hyperlink ) ke teks lain yang pembaca segera dapat mengakses, biasanya dengan klik mouse atau menekan tombol urutan. Selain dari running text, hypertext dapat mengandung tabel, gambar dan perangkat presentasi lainnya. Hypertext adalah konsep yang mendasari mendefinisikan struktur dari World Wide Web , sehingga yang mudah digunakan dan format yang fleksibel untuk berbagi informasi melalui internet .

Awalan hiper-(berasal dari awalan Yunani “υπερ-” dan berarti “atas” atau “melampaui”) menandakan mengatasi kendala linier tua dari teks tertulis.Istilah “” hypertext sering digunakan di mana istilah ” hypermedia “mungkin dianggap sesuai. Pada tahun 1992, penulis Ted Nelson – yang diciptakan kedua istilah pada tahun 1965 – menulis: Sekarang kata “hypertext” telah menjadi berlaku umum untuk percabangan dan menanggapi teks, namun kata yang sesuai “hypermedia”, yang berarti kompleks dari percabangan dan menanggapi grafis, film dan suara – serta teks – adalah jauh lebih sedikit digunakan. Instead they use the strange term “interactive multimedia”:Sebaliknya mereka menggunakan istilah aneh “multimedia interaktif”: ini adalah empat suku kata lagi, dan tidak mengungkapkan ide untuk memperluas hypertext,. – Nelson Sastra Mesin , 1992

tentang perangkat futuristik ia disebut Memek . Ted Nelson diciptakan kata “hypertext” dan ” hypermedia “pada tahun 1965 dan bekerja dengan Andries van Dam untuk mengembangkan Hypertext Editing System tahun 1968 di Brown University .

Aplikasi hypermedia pertama adalah Aspen Movie Map pada tahun 1977.Pada tahun 1980, Tim Berners-Leemenciptakan Enquire , sebuah sistem database awal hypertext agak seperti wiki .Awal 1980-an juga melihat sejumlah hypertext eksperimental dan hypermedia program, banyak fitur dan terminologi yang kemudian diintegrasikan ke dalam Web. Guide adalah sistem yang signifikan hypertext pertama untuk komputer pribadi . Pada tahun 1983, sebuah hypermedia authoring tool, Tutor-Tech, yang dirancang untuk komputer Apple II , diproduksi untuk pendidik.

Pada bulan Agustus 1987, Apple Computer merilis HyperCard untuk Macintosh garis pada konvensi MacWorld.Dampaknya, dikombinasikan dengan bunga di Peter J. Brown ‘s PETUNJUK (dipasarkan oleh OWL dan dirilis awal tahun) dan Brown University Intermedia , menyebabkan minat luas dan antusiasme untuk hypertext dan media baru. ACM pertama Hypertext konferensi akademik berlangsung pada bulan November 1987, di Chapel Hill NC, dimana banyak aplikasi lain, termasuk sastra hypertext menulis perangkat lunak Storyspace juga demoed

Sementara itu Nelson, yang telah bekerja dan advokasi nya Xanadu sistem selama lebih dari dua dekade, bersama dengan keberhasilan komersial HyperCard, diaduk Autodesk untuk berinvestasi dalam ide-ide revolusionernya. TProyek ini dilanjutkan di Autodesk selama empat tahun, tetapi tidak ada produk dirilis.

Pada akhir 1980-an, Berners-Lee, maka seorang ilmuwan di CERN , menemukan World Wide Web untuk memenuhi permintaan yang sederhana dan segera berbagi informasi antara fisikawan bekerja di CERN dan universitas yang berbeda atau lembaga di seluruh dunia. Pada tahun 1992, Lynx lahir sebagai web browser internet awal. Kemampuan untuk menyediakan link hypertext dalam dokumen yang bisa mencapai ke dalam dokumen manapun di internet mulai penciptaan dari Web di Internet.

Setelah merilis web browser baik untuk PC dan Macintosh lingkungan, lalu lintas di World Wide Web cepat meledak dari hanya 500 web server dikenal pada tahun 1993 menjadi lebih dari 10.000 pada tahun 1994. Dengan demikian, semua sistem hypertext sebelumnya telah dibayangi oleh keberhasilan dari Web, meskipun awalnya tidak memiliki banyak fitur dari sistem-sistem sebelumnya, seperti cara yang mudah untuk mengedit apa yang Anda sedang membaca,mengetik link , backlink , transclusion , dan pelacakan sumber